PENGERTIAN, SEJARAH, FUNGSI DAN MANFAAT DARI INTERNET

PENGERTIAN, SEJARAH, FUNGSI DAN MANFAAT DARI INTERNET

Di zaman serba canggih seperti saat ini, rasanya tidak mungkin untuk masyarakat perkotaan bahwa ada yang tidak mengenal apa itu internet? Dari orang dewasa sampai anak – anak pun diperkirakan hampir seluruhnya pasti sudah mengenal dan dapat memasuki dunia maya melalui internet. Tapi apakah ada yang tahu pengertian atau definisi dari internet itu sendiri? Bagaimana dengan sejarah internet? Sampai internet itu ada di tengah – tengah masyarakat globalisasi seperti saat ini? Kalau belum, di bawah ini akan ada pembahasan singkat mengenai hal – hal tersebut.

INTERNET ITU APA?

pengertian atau definisi untuk internet itu sendiri sebenarnya beraneka ragam, tergantung dari sudut pandang mana seseorang melihat apa itu internet. Jika dilihat dari sudut pandang teknis, Internet adalah jaringan komputer dunia yang meliputi jutaan komputer, tentunya dengan fungsi komputer – komputer tersebut dapat saling bertukar informasi. Jika dilihat dari sudut pandang ilmu pengetahuan, internet adalah sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran) artikel, buku, jurnal, kliping, foto dan lain – lain dalam bentuk media elektronik. Bagi yang suka berbelanja pun, internet merupakan shopping centre terbesar di dunia. Anda dapat belanja dimana saja dan apa saja dengan fasilitas internet. Itu hanya beberapa sudut pandang saja. Masih banyak pengertian internet jika dilihat dari sudut pandang lain dan fungsinya juga. Sungguh mengasyikkan bukan?

SEJARAH INTERNET ITU SEPERTI APA SIH?

Ada yang tahu bagaimana sejarah internet itu bisa muncul? Pada awalnya, konsep internet pertama kali digunakan untuk keperluan militer oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Jaringan yang dikembangkan saat perang dingin ini menghubungkan komputer di berbagai instalasi penting militer Amerika Serikat di seluruh dunia. Maksud dari semuanya ini adalah bila terjadi serangan nuklir di sutu tempat, maka jaringan komputer untuk keperluan pertahanan masih bisa beroperasi.

Penerapan aplikasi internet di luar dunia militer ini dimulai setelah Lab. CERN menemukan cara untuk mempermudah pertukaran informasi. Apa sih Lab. CERN itu? Lab. CERN merupakan pusat riset fisika yang terletak di Geneva, Swiss. Tahun 1989, Tim Bernes Lee dan kawan – kawan berhasil membuat sekumpulan protokol komunikasi yang memungkinkan akses ke dokumen teks dalam jaringan. Pengguna dapat mengakses dokumen tersebut dengan aplikasi khusus yang disebut browser. Browser ini sudah memiliki hyperlink, sarana untuk pindah ke dokumen lain dalam jaringan. Sistem ini nantinya yang menjadi cikal bakal World Wide Web (WWW). Kemudian disebarluaskan ke khalayak luas. Alhasil, pemakai dari berbagai belahan dunia pun menjamur, walaupun masih terbatas kepada para ilmuwan dan golongan akademis, dikarenakan sistem ini berupa teks dan berbasis UNIX.

Tahun 1993 menjadi tahun yang sangat penting bagi perkembangan World Wide Web (WWW) maupun internet secara umum. NCSA (National Center for Superconducting Application) berhasil membuat browser berbasis grafis pertama yang disebut Mosaic. Jadi informasi yang didapat dari browser ini, tak hanya berupa teks semata, melainkan juga dapat menampilkan warna dan gambar.

Untuk di Indonesia sendiri, Internet telah masuk ke wilayah Indonesia sekitar tahun 1995. Yang pada awal masuknya internet ke Indonesia melalui jaringan akademis dan pusat riset, sehingga hanya golongan akademis dan peneliti yang dapat memanfaatkannya. Setelah itu, layanan internet pun terbuka lebar untuk para pengguna awam (pemula) setelah IndoInternet menjadi penyedia internet pertama di Indonesia. Setelah berhasil menorehkan kesuksesan sebagai penyedia internet pertama di Indonesia, kemudian banyak pihak – pihak lain yang mencoba peruntungan menjadi penyedia layanan internet untuk mengikuti jejak kesuksesan IndoInternet.
Dan sampai sekarang pun internet masih sangat berfungsi di Indonesia. Bahkan beberapa gadget terutama handphone banyak yang memiliki fungsi yang sama dengan komputer dan dapat terhubung langsung ke jaringan internet.

Setelah mengetahui pengertian internet dan seperti apa sejarah internet sampai berada di tengah – tengah masyarakat. Ada beberapa fungsi dan manfaat dari internet itu sendiri, misalnya:

  • Berfungsi sebagai alat komunikasi, sudah jelas sekali bahwa internet berfungsi sebagai alat komunikasi. Bayangkan saja teman, saudara, yang sangat jauh dari kita, bahkan orang lain yang tidak kita kenal dapat berkomunikasi dengan kita. Baik berbeda wilayah, negara, bahkan sampai berbeda benua masih dapat berkomunikasi dengan kita secara langsung. Dari sini dapat dilihat manfaatnya bahwa internet juga menjadi sarana menjalin silaturahmi dan persahabatan menjadi lebih baik juga akrab. Serta, dimanapun seseorang berada, dengan internet, seseorang tetap bisa melakukan kontak dengan sanak saudaranya.
  • Berfungsi sebagai sarana informasi dan wawasan ilmu pengetahuan. Seperti yang kita ketahui bahwa ilmu pengetahuan terus berkembang. Agar tidak jauh tertinggal mengenai informasi yang terjadi saat ini, para ilmuwan sedang melakukan penelitian mengenai apa, dan hal lainnya. Hal tersebut dapat diketahui secara cepat melalui internet. Tak hanya informasi dalam negeri saja yang dapat diketahui secara cepat dan langsung. Luar negeri bahkan yang berbeda benua sekalipun sekecil informasi pasti dapat diperoleh dengan cepat dan langsung. Sangat mudah sekali bukan? Dari sini tentunya juga dapat kita ambil manfaat dari internet yaitu sebagai penambah informasi dan wawasan ilmu pengetahuan. Tapi jangan dilupakan bahwa, informasi yang bersifat umum saja yang dapat diakses, apabila sudah mencapai ranah yang lebih bahkan sangat khusus mungkin akan dilakukan proteksi dari server pada perihal tersebut.

Seperti apa yang disebutkan di atas hanya segelintir saja fungsi dan manfaat dari internet. Pokoknya tak terhitung fungsi dan manfaatnya internet itu. Tentu, semuanya sudah merasakan sendiri kok. Tapi yang harus diingat bahwa internet akan benilai positif apabila digunakan untuk hal yang baik. Begitupun sebaliknya, internet akan bernilai negatif apabila digunakan untuk hal yang buruk. Jadi, gunakanlah internet secara bijaksana mungkin dan gunakan untuk hal yang positif. Semoga dapat bermanfaat ya untuk para pembaca. Terima kasih

Sumber :
Jasmadi. 2004. Panduan Praktis Menggunakan Fasilitas Internet.Yogyakarta: Penerbit ANDI
Samuel, Enrico Eliazar dan Andhika Rahmayanto. 1997. Microsoft Internet Solution Menguasai Internet dengan Cepat dan Mudah. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: